Minggu, 04 Januari 2015

Cara Jasmani dan Batin Berproses

Berprosesnya kelompok jasmani dan kelompok batin itulah yang dinamakan makhluk hidup atau pancakkhanda (lima kelompok proses kehidupan). Kelompok batin (nama-kkhanda) diwujudkan dengan adanya:
Ø vinnana-kkhanda ( kelompok kesadaran inderawi ),
Ø sanna-kkhanda ( kelompok pencerapan ),
Ø vedana-kkhanda ( kelompok perasaan ),
Ø sankhara-kkhanda ( kelompok ’pikiran’ ).
Bagaimana pola berpikir kita? Bagaimanakah jasmani dan batin berproses?
Begitu mata kita memandang, kita selalu melihat pantulan dari benda itu ke mata kita. Kita tidak melihat cahaya langsung, tapi pantulan cahaya ke benda ke kita, jadi kita bisa melihat benda itu. begitu ada 1 sensor masuk ke mata kita, ini diterima. Pada saat itu bekerja 1 khanda, 1 kelompok kesadaran. Tapi ini baru hanya satu saat, dan Sang Buddha uraikannya begitu panjang.
Begitu kita mendengar suara, kesadaran teling bekerja. Begitu kita mencium , kita belum tahu apa itu karena pikiran kita bekerja cepat sekali (hampir menyerupai kecepatan cahaya). Begitu ada sentuhan ke kulit, kulit terasa, ada kesadaran (keompok pertama). Karena indera kita ada 6, maka kesadaran yang timbul ada 6. Tapi biasanya ini kita tidak sadari karena tahapan ini sangat awal, yang namanya Vinnana.
Sanna adalah mengenali. Karena sebelumnya anda tidak tahu, ketika kecil anda diberitahu orang tua “ini buku”, begitu dikasih tahu “ini buku” sanna bekerja dan disimpan di dalam memory. Fungsi sanna yang kedua: begitu sudah mengenali, dia bisa memberikan penilaian. Anda bisa menilai pulpen saya bekas dari membandingkan dengan ciri-ciri pulpen baru yang anda pernah lihat sebelumnya. Jadi penilaian Sanna berdasarkan pembandingan, data lama dia simpan . begitu data baru masuk, dia bandingkan. Kalau data baru lebih kuat dari data lama, dia menghapus data lama dan mengambil data baru. Tetapi kalau data baru yang masuk tidak direspon dengan baik, masih tetap tersimpan daa lama. Contoh: anda masih mengingat seorang anak kecil yang nakal sekali, 5 tahun kemudian anak tersebut tampil rapi dan sopan, anda yang melihatnya membuat Sanna anda memperbaharui dengan data baru dari anak yang sudah berubah tersebut.
Vedana (perasaan) ada 3 macam: Menyenangkan, Tidak menyenangkan , Netral (antara menyenangkan dan tidak menyenangkan). Kita mencari rasa yang menyenangkan dan menghindari rasa yang tidak menyenangkan baik secara fisik maupun secara batin.
Sankhara khanda adalah satu proses yang menjadi dasar untuk kita berpikir, berbicara dan berbuat. Sankhara merupakan lanjutan dari vedana, dan dia merespon vedana. Begitu perasaan yang timbul adalah menyenangkan, karakteristik dari sankharaadalah mengulang. Begitu ada yang menyenangkan, dia akan ulang, dia akan mau lagi, lagi, dan lagi. Begitu ada hal yang tidak menyenangkan, karakteristik sankhara ini dia mengulang dan menolak, mengulang penolakan. Contoh: begitu anda mencium bau, anda langsung tahan nafas. Itu reaksi penolakan. Begitu anda menolak terus-menerus, menimbulkan kebencian. Kita tidak suka, benci. Dan kebencian ini bisa bertambah (kita tidak suka melihat dia, tapi terus menerus ketemu dia, bertambah benci), bisa berkurang, dan bisa juga lenyap.
Jadi setiap input yang masuk, diolah, dinilai, dirasakan, dan begitu perasaan ini bekerja,sankhara kita bekerja. Begitu sankhara bekerja, dia memerintahkan kepada pikiran , ucapan, badan jasmani, untuk melakukan. Apapun produk dari sankhara, selalu diliputi oleh keserakahan, kebencian, atau kebodohan. Perbuatan yang dilakukan oleh Sang Buddha adalah perbuatan yang tidak dikendalikan oleh perasaan. Perasaan yang timbul tidak lagi perasaan menyenangkan, tidak menyenangkan dan netral. 
Bagaimana enaknya hidup kalau tidak ada perasaan? Ibarat makan tanpa garam. Ada orang yang bertanya seperti itu kepada Sariputta (murid utama Sang Buddha): “kebahagiaan apa yang kita dapatkan kalau tanpa perasaan?”, jawab Sariputta “justru tanpa cengkeraman perasaan itulah kebahagiaan”
Perasaan menyenangkan ini direspon oleh sankhara, sankhara itu adalah Kamma.
Sang Buddha dan Arahat begitu melihat benda, vinnana bekerja, memberikan input kepada Sanna, Sanna tetap memberikan informasi dan penilaian, memberikan input kepada Vedana. Vedana kemudian memberikan input kepada Sankhara. Input dari Sanna kepada Vedana berbeda dengan orang biasa. Contoh: ketika kita melihat uang emas , informasi langsung masuk sampai Sanna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar